Tips Tetap Rileks Selepas Bekerja Keras

Anda itu termasuk orang yang bekerja dari pagi sampai sore, dengan setumpuk pekerjaan yang terasa berat? Luangkan waktu untuk membaca sedikit tips berikut ini yang mungkin akan bermanfaat membantu anda agar tetap rileks dan terhindar dari stress karena pekerjaan.

Meditasi atau Yoga
Sepulang dari kerja, luangkan sedikit waktu untuk melakukan meditasi atau yoga. Lakukan sekali atau dua kali seminggu pada hari-hari di mana anda mempunyai waktu lebih banyak dibanding hari lainnya. Meluangkan waktu untuk bermeditasi atau melakukan yoga sama sekali tidak rugi karena dapat melancarkan sirkulasi darah, dan menyehatkan pikiran serta emosi.
Tidur Lebih Cepat
Sepulang dari pekerjaan, anda dapat segera mandi dan makan malam. Setelahnya, anda dapat segera merebahkan diri di tempat tidur. Sebagaimana kita semua ketahui bahwa tidur adalah sebaik-baik cara beristirahat. Tidur tidak cuma dapat membantu merilekskan otot-otot tetapi juga dapat menenangkan pikiran dan menghindarkan anda dari tekanan pekerjaan yang berat.

Mandi dan Berendam Di Air Panas
Pulang sore atau malam setelah bekerja seharian seringkali membuat tubuh menjadi penat dan pegal. Salah satu cara mudah untuk menenangkan diri dan membuat rileks otot-otot tubuh serta pikiran anda adalah dengan mandi dan berendam air hangat. Ini sangat bermanfaat, apalagi jika anda menyukai saat-saat sendiri. Anda bahkan bisa mandi dan berendam sambil merawat tubuh atau kulit. Hmm, terdengar menyenangkan bukan?

Duduk Bersama Pasangan dan Berbincang Ringan
Ketika anda sampai di rumah dan telah menyegarkan diri, duduklah bersama pasangan. Mungkin dapat dilakukan di depan tivi atau bahkan di dalam kamar atau bagian manapun di mana anda bersama pasangan sering menghabiskan waktu bersama. Berbincanglah hal-hal yang ringan tentang keadaan rumah atau lingkungan, bukan masalah pekerjaan atau karier masing-masing. Berbincang seperti ini tidak hanya berguna untuk menghilangkan perasaan penat dan lelah dari kantor tetapi juga membantu anda bersama pasangan untuk memelihara hubungan agar menjadi semakin mesra dan erat.

Menyeruput Teh atau Coklat Panas
Alkaloid, suatu zat kimia yang terkandung di dalam bahan minuman seperti teh, atau coklat secara ilmiah telah terbukti dapat membantu menghilangkan ketegangan. Sepulang bekerja pada sore hari atau sebelum malam hari sesudah mandi, buatlah secangkir teh atau coklat panas. Seruputlah sambil duduk santai di depan tivi atau di ruang makan.

Duduk Di Tempat Hangout Favorit
Jika anda single, maka berkumpul dengan kawan-kawan akrab anda sangatlah bagus. Biasanya, seseorang single mempunyai tempat berkumpul kawan yang asyik dan sudah menjadi langganan. Telpon mereka untuk duduk-duduk bersama sekedar membeli secangkir kopi dan makanan ringan. Perbincangkan hal-hal di luar pekerjaan dan manfaatkan waktu bersama untuk melepas stress dan kepenatan kerja.

Menghirup Aromaterapi
Ketika anda sedang di kamar atau di kamar mandi, anda dapat menambahkan aroma wewangian alami dengan menyalakan lilin atau menggunakan minyak natural lainnya. Menghidu aroma-aroma favorit yang menenangkan akan membantu anda untuk lebih cepat pulih dari rasa lelah dan penat.

Melakukan Hobi Anda
Apakah hobi anda? Sudah sejak kapan anda tidak beraktivitas sesuai hobi yang anda miliki? Nah, jika memang telah beberapa waktu anda terlupa akan hobi anda karena padatnya pekerjaan yang menjadi tugas anda, maka ketika anda punya waktu sepulang kerja atau pada hari minggu, luangkanlah waktu untuk menggarap hobi anda. Melakukan kegiatan yang berkaitan dengan hobi akan membuat pikiran anda menjadi lebih tenang dan rileks.

Bercengkrama dengan Anak-Anak
Jika anda adalah seorang yang telah berkeluarga, rasanya tak ada cara yang lebih baik untuk menghilangkan kepenatan dan kelelahan karena tekanan pekerjaan selain bercengkerama dengan anak-anak anda. Kualitas kehidupan berkeluarga anda juga akan meningkat di mana hubungan emosi yang bagus yang terbentuk antara anda dan anak-anak akan membantu anda menghadapi beragam tekanan pekerjaan di kantor dan tugas-tugas rutin yang kadang menjadi tampak membosankan.

Demikian beberapa tips yang dapat anda lakukan agar selalu tetap rileks setelah bekerja keras seharian. Semoga ada manfaatnya, wassalam.

Comments

comments