Robot Perempuan Ini Dibuat Mirip Penciptanya

robot-perempuan-ini-dibuat-mirip-penciptanya-BlHFwirnCBSINGAPURA – Ilmuwan di Nanyang Technological University telah mengembangkan sebuah robot yang sangat mirip dengan penciptanya baik dari penampilan, kemampuan maupun kepribadiannya.

Menurut Daily Mail, Kamis (31/12/2015), robot bernama Nadine ini memiliki kemampuan beragam, satu di antaranya mampu mengobrol. Robot ini diharapkan bisa menggantikan beberapa pekerjaan manusia di masa depan.

“Teknologi Robotika telah maju secara signifikan selama beberapa dekade terakhir dan telah digunakan di bidang manufaktur dan logistik. Sebagai negara yang menghadapi tantangan di seluruh dunia dari populasi yang menua, robot sosial dapat menjadi salah satu solusi untuk mengatasi tenaga kerja yang menyusut, menjadi sahabat pribadi untuk anak-anak dan lansia di rumah, dan bahkan melayani sebagai platform untuk layanan kesehatan di masa depan,” terang Nadia Thalmann.

Nadine tak berbeda dari teknologi kecerdasan buatan yang sudah dikembangkan perusahaan teknologi raksasa seperti Apple dan Google. Ketika NASA mengembangkan robot humanoid untuk membantu astronot di penerbangan ruang hampa, Nadine bisa membawa perubahan dalam dunia kerja.

“Robot ini akan seperti pendamping nyata yang selalu bersama Anda dan sadar apa yang terjadi. Jadi di masa depan, robot cerdas secara sosial bisa menjadi seperti C-3PO, droid emas ikonik dari Star Wars, dengan pengetahuan bahasa dan etiket,” tambah Thalmann.

(kem)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *