Menjawab pertanyaan wawancara kerja tentang, berapa banyak gaji yang anda harapkan

Hal ini biasanya selalu ada dalam list pertanyaan saat wawancara kerja, apalagi bagi anda yang telah berpengalaman dalam bidang tertentu.
Tak jarang, bagi “Headhunter” malah mengajukan pertanyaan seputar gaji terlebih dahulu, baru melanjutkan ke tahap selanjutnya, tapi perlu dipahami, ini hanya berlaku pada level middle – up, atau bagi yang telah berpengalaman pada bidang tertentu.
Sebelum menjelaskan mengenai tips menjawab pertanyaan ini, anda harus tahu ada dua hal dalam dua keadaan yang berbeda dalam interview mengenai gaji.
Pertama, adalah pertanyaan tentang gaji saar pertama kali atau saat proses mula-mula, kemudian hal yang berbeda selanjutnya adalah pertanyaan tentang gaji saat di akhir atau dikenal dengan salary offering.
Sebaiknya anda memahami perbedaan diatas.

Tips umum menjawab tentang gaji saat pertanyaan wawancara kerja:

Dapatkan informasi selengkap-lengkapnya mengenai standar gaji pada posisi anda, jangan langsung menetapkan, tetapi jadikan referensi terlebih dahulu, karena jenis perusahaan dan besarnya perusahaan akan menentukan besarnya gaji anda.
Sesuaikan dengan keadaaan, Jika anda melamar atau mendapat panggilan dari beberapa website pencari kerja, biasanya perusahaan tersebut telah melampirkan range salary, atau beberapa perusahaan telah menetapkan pasti, jadi please sesuaikan angka anda, atau anda bisa mencari lowongan lain yang sesuai dengan harapan anda.
Lakukan dengan percaya diri, Jika anda merasa anda telah berpengalaman, dan berada lebih tinggi dalam posisi tawar-menawar, dan anda berencana menetapkan angka yang tinggi (dengan catatan anda merasa pantas mendapatkan itu)
maka ajukan dengan percata diri, jangan terlihat ragu, anda bisa menambahkan beberapa alasan saat anda telah mengajukan angka yang anda harapkan, untuk meyakinkan pihak perusahaan “Finishing Touch”

Tips Menjawab pertanyaan tentang gaji, jika anda fresh graduate atau berada di awal proses seleksi kerja:

Seperti yang telah saya jelaskan di awal, bahwa ada dua jenis pertanyaan tentang gaji, dalam keadaan yang berbeda.
Sekarang kita akan membahas jika pertanyaan tersebut diajukan dalam keadaan anda adalah seorang fresh graduate yang mencari kerja untuk pertama kali atau anda mendapatkan pertanyaan ini saat awal proses seleksi kerja.
1. Jika saat di awal pihak perusahaan telah mengajukan pertanyaan tersebut, maka satu-satunya tindakan terbaik yang harus anda lakukan adalah, memastikan bahwa gaji bukanlah hal yang terutama bagi anda, tetapi anda benar-benar menyukai bidang pekerjaan yang sedang dibuka.
2. Setelah jawaban pada nomer satu, saya akan memeberi tips menjawab, yang terus terang saja, ini biasanya sangat berhasil, terutama jika saya ingat ketika fresh graduate dahulu.. LOL. beri jawaban bahwa anda akan mengikuti standar yang telah di tetapkan oleh perusahaan sesuai dengan tingakt pendidikan dan posisi yang anda lamar.
Itu tadi beberapa tips menjawab pertanyaan seputar gaji, ada banyak jenis jawaban yang dijelaskan mungkin di tempat atau blog lain, tetapi yakinlah yang saya bagi di atas adalah inti dari jawaban yang anda butuhkan.
Anda hanya tinggal mengembangkannya saja, anda tidak perlu menghabiskan waktu membanca panjang-panjang jika anda bisa mendapatkan intinya secara cepat, semoga sukses bro.

Comments

comments