8 Kiat Menghindari Bokek di Akhir Bulan

Berapa pun kisaran gaji seorang karyawan, mereka pasti pernah mengalami kanker alias kantong kering. Kondisi ini memang tidak menyenangkan karena sangat menganggu mobilitas Anda, terutama yang bekerja di luar kantor.

Seringnya kanker di akhir bulan biasanya karena gagalnya karyawan mengelola uang mereka, manajemen yang berantakan dan kehidupan boros. Tetapi jangan khawatir, banyak kok cara untuk tetap makmur di akhir bulan. Misalnya saja dengan delapan tips di bawah ini:

 

1. Pisahkan Dana Berdasarkan Kebutuhan

Bila Anda mendapatkan gaji secara cash alias langsung, maka pisahkan semua dana itu berdasarkan keperluannya. Misalnya untuk listrik, air, satpam, cicilan rumah, cicilan kartu kredit, menabung dan lain-lain.

Bayar semua kewajiban Anda semua sehingga Anda tidak punya tunggakan. Cara ini akan melindungi Anda berhutang, sementara dana menipis di akhir bulan.

 

2. Menabung Is A Must 

Yes, sisihkan dana untuk menabung setiap kali Anda gajian. Menabung sangat penting karena dananya bisa digunakan untuk hal-hal tidak terduga plus menyelamatkan Anda dari pemborosan yang biasa Anda lakukan.

 

3. Catat Setiap Pengeluaran

Mencatat semua pengeluaran merupakan salah satu cara untuk mengetahui kemana uang Anda mengalir. Anda juga bisa tahu apakah selama ini melakukan pemborosan atau tidak jadi bia dihindari bulan berikutnya.

Selain itu, dengan mencatat semua pengeluaran, Anda bisa tahu rencana keuangan Anda jangka panjang, termasuk berapa jumlah dana yang bisa disisihkan.

 

4. Tinggalkan Gaya Hidup Konsumtif

Bagi Anda yang gemar membeli barang yang tidak penting sebaiknya hilangkan kebiasaan itu. Jangan karena tergiur diskon, Anda membeli barang yang sama sekali tidak ada dalam daftar belanja Anda. Kalau sudah begini pengeluaran Anda akan kacau dan jangan heran kalau Anda mendadak miskin di akhir bulan.

 

5. Mulai Memasak

Di samping dapat melakukan penghematan, memasak juga dapat menghilangkan kejenuhan dari rutinitas keseharian Anda. Anda bisa membawa makanan ke kantor.

Dengan memasak Anda juga dapat menghindari makanan yang kurang terjamin, baik itu dari segi rasa maupun kebersihan. Keuntungan lainnya? Pengeluaran makan Anda dapat lebih hemat.

 

6. Mengisi Waktu Kosong dengan Hal Produktif

Daripada Anda menghabiskan uang setiap liburan atau bengong lantaran kehabisan uang alangkah baiknya mengikuti kegiatan yang produktif, seperti organisasi sosial atau komunitas untuk menambah wawasan, teman dan juga ilmu.

 

7. Buka Bisnis Kecil-Kecilan

Siapa bilang peluang bisnis hanya dimiliki pengusaha saja? Justru orang-orang kantoran seperti Anda punya peluang bisnis juga. Anda bisa membuka toko makanan, usaha katering, jual beli pakaian dan lain-lain secara online. Usaha kecil-kecilan Anda ini bisa menghindari Anda dari kemungkinan miskin di akhir bulan.

 

8. Berpikir ke Depan

Jika Anda masih single, mulailah untuk memikirkan masa depan Anda selanjutnya. Kalau Anda berencana untuk berumah tangga, sebaiknya Anda mulai memikirkan hal tersebut dengan menata keuangan Anda.

Memikirkan masa depan juga dapat merubah gaya boros Anda dan mulai berencana berinvestasi.

Comments

comments